Aneka jajanan tradisional yang sangat nikmat di lidah

Kerak telor

Langsung ke: navigasi, cari
Penjual sedang membuat kerak telor
Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.


Harga : Kalau pake telur ayam Rp.10.000,-/porsi
Kalau pake telur bebek Rp.15.000,-/porsi
Dalam Arena Jakarta fair Rp.20.000,-/porsi(pakai telur bebek)
Kalau makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan paling gue sukain,soalnya rasanya enaaakkk,bau harumnya punya ciri khas yang berbeda dari makanan yang lainnya,bumbu serundengnya mantabbbb banget.Saking sukanya,aku itu sudah di kenal si penyuka kerak telor di mata orang - orang di sekitarku.Kalau ada orang apa saudara habis dari Jakarta fair atau monas,pasti mereka selalu ingat sama aku,kalau gue suka banget sama kerak telor.Makanya mereka selalu beliin gue kerak telor,meskipun gue gak mesen atau gak nitip sama mereka.Kalau ke Monas atau ke Jakarta Fair,kerak telor selalu gak pernah ketinggalan.
CIRENG

Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk 'tepung kanji goreng') adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng. Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di Priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara. Cireng pada umumnya dijual oleh pedagang yang menaiki sepeda dengan peralatan membuat Cireng di bagian belakang sepedanya."Sayangnya sekarang sudah jarang yang jual cireng yang tradisional seperti,cireng sekarang cireng yang modern.Cireng yang di isi sosiz pedas,kornet pedas,keju,cokelat ataupun isi cokelat keju.Cireng modern ini terdiri dari berbagai bentuk yang lucu - lucu dan menarik"
Gambar cireng modern

Harga : Cireng Tradisional Rp.500,-/buah
Cireng Modern(isi) Rp.2.000,-/buah
Ini jajanan gue dari kecil sampai sekarang,gue paling suka cireng yang tradisional meskipun rasanya cuma asin doang tapi enak dan kenyal sekali.
KUE APE
Kue ape atau serabi Jakarta merupakan jajanan khas dari Jakarta. Bentuknya menyerupai pancake. Karena bentuknya, orang juga menyebutnya sebagai kue tetek. Kue yang biasa dijajakan di jalan atau di depan sekolah ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan susu. Saat ini dijual dengan berbagai variasi warna dan taburan di atasnya (keju atau meses).

Harga : Rp.500,-/buah

Gue suka banget nih sama kue ini,kue ape makanan favorite gue dari kecil.Dulu ( tahun 2008) harganya 250,-/buah.sekarang sudah naik jadi 500,-/buah.

KUE LABA - LABA

Kue laba- laba,mengapa di berinama kue laba - laba?karena bentuknya yang menyerupai sarang laba - laba.Adonan kue ini sama dengan adonan kue cubit.Kue ini sangat begitu populer di kalangan masyarakat,terutama anak - anak.

Harga : minimal Rp.500,-


Kue cubit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari
Kue cubit.
Kue cubit merupakan jajanan populer di Jakarta. Kue berukuran kecil ini (diameter sekitar 4cm) biasa dijajakan di depan sekolah oleh pedagang kaki lima. Kue cubit menggunakan campuran susu dan tepung terigu sebagai komponen utamanya. Adonan dimasukkan dalam cetakan baja, dan dalam beberapa menit telah masak.
Kue ini mendapatkan namanya karena kue yang matang diambil dengan alat penjepit oleh si pedagang, sehingga seperti dicubit.
Harga : Rp.500,-/buah

Cimol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Langsung ke: navigasi, cari
Cimol adalah makanan ringan yang dibuat dari tepung kanji. Cimol berasal dari kata (Bahasa Sunda aci digemol), yang artinya tepung kanji dibuat bulat-bulat.
Cimol biasanya dijual di pinggir jalan. Cara membuatnya, adonan tepung kanji dibuat bulat-bulat, kemudian digoreng. Biasanya, cimol dimakan dengan bumbu-bumbu tambahan (istilahnya semacam seasoning). Kalau digigit, rasanya memang agak kenyal-kenyal. Paling enak jika dimakan hangat-hangat.
Harga : Rp.100,-/buah
Maknyusss...banget nih cimol pakai bumbu

BATAGOR


Batagor adalah makanan khas dari Bandung. Batagor adalah singkatan dari Baso Tahu goreng, dengan bahan dasar nya yang terbuat dari tahu putih yang kemudian diberi adonan ikan tenggiri, udang dan tapioka, disajikan panas-panas, dengan bumbu kacang yang sangat pedas dan kecap manis kental dan biasanya di berikan perasan jeruk nipis.
Awal-awalnya, penjualan batagor dimulai di daerah kopo oleh bapak Isan pada tahun 1973, sehingga terkenal dengan Batagor Isan, kemudian beberapa tahun kemudian pengusaha batagor ini semakin banyak, bahkan ada rumah makan yang khusus mengandalkan hidangannya adalah Batagor. Akhir akhir ini hampir di setiap tempat jajanan ( foodcourt ) tersedia batagor.

Harga : mulai dari Rp.5.000,-/porsi



Pukis

 

Deretan kue pukis coklat dan keju sedang dijajakan
Rak kaca penjual pukis dan bikang di Jakarta
Pukis adalah sebuah kue khas Indonesia. Kue ini dibuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan santan. Adonan itu kemudian dituangkan ke dalam cetakan serta dipanggang. Pukis dapat dikatakan sebenarnya adalah modifikasi dari kue wafel. Variasinya bermacam-macam, diberi taburan coklat butir, keju, irisan daging, atau kacang.
Kue pukis memiliki bentuk dan warna yang khas. Bagian atasnya berwarna kuning dan bagian bawahnya kecoklatan. Pukis mudah dijumpai di toko-toko kue maupun penjual kaki lima di Indonesia. Dan karena mudah dijumpai kue ini jarang disajikan pada pesta-pesta.
Harga : Rp.500,-/buah

NASI UDUK BETAWI
Nasi uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris,abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Makanan ini biasanya lebih sering dijual di pagi hari.

Harga : Berkisar antara Rp.10.000,-/porsi (Komplit dengan lauk pauknya)

Weeiittss....ini makanan paling gue suka nih,hampir setiap pagi gue beli nasi ini.Jadi,ingat waktu ulang tahun yang ke 13 nih,mama bikin nasi uduk buat makan - makan acara ulang tahunku.


SOTO BETAWI


Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya Soto Madura dan soto sulung, Soto Betawi juga menggunakan jerohan. Selain jerohan, seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, penis, dan juga hati.

Harga : berkisar antara Rp.15.000,-/porsi(Udah plus nasi putih)

Soto Banjar



Soto Banjar
Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat.
Seperti halnya soto ayam, bumbu Soto Banjar berupa bawang merah, bawang putih dan merica, tapi tidak memakai kunyit. Bumbu ditumis lebih dulu dengan sedikit minyak goreng atau minyak samin hingga harum sebelum dimasukkan ke dalam kuah rebusan ayam. Rempah-rempah nantinya diangkat agar tidak ikut masuk ke dalam mangkuk sewaktu dihidangkan.

.
SOTO TANGKAR
Katanya, makanan ini lahir pada masa penjajahan Belanda..
Ketika itu, masyarakat Betawi hanya mampu membeli tangkar,
potongan tulang iga yg hanya berdaging sedikit,
yg kemudian diolah menjadi soto yg enak.

Tapi tentu saja sekarang sudah berubah,
kedalamnya kita bisa menambahkan daging dan jeroan, kalau suka.
Walaupun kuahnya menggunakan santan,
soto ini tidaklah terlalu "berat".

0 komentar:

Post a Comment