Aneka Jajanana Tradisional yang Memanjakan Lidah

Kerak Telor





Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.


Harga : Kalau pake telur ayam Rp.10.000,-/porsi
Kalau pake telur bebek Rp.15.000,-/porsi
Dalam Arena Jakarta fair Rp.20.000,-/porsi(pakai telur bebek)
Kalau makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan paling gue sukain,soalnya rasanya enaaakkk,bau harumnya punya ciri khas yang berbeda dari makanan yang lainnya,bumbu serundengnya mantabbbb banget.Saking sukanya,aku itu sudah di kenal si penyuka kerak telor di mata orang - orang di sekitarku.Kalau ada orang apa saudara habis dari Jakarta fair atau monas,pasti mereka selalu ingat sama aku,kalau gue suka banget sama kerak telor.Makanya mereka selalu beliin gue kerak telor,meskipun gue gak mesen atau gak nitip sama mereka.Kalau ke Monas atau ke Jakarta Fair,kerak telor selalu gak pernah ketinggalan.

Cireng




Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk 'tepung kanji goreng') adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng. Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di Priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara. Cireng pada umumnya dijual oleh pedagang yang menaiki sepeda dengan peralatan membuat Cireng di bagian belakang sepedanya."Sayangnya sekarang sudah jarang yang jual cireng yang tradisional seperti,cireng sekarang cireng yang modern.Cireng yang di isi sosiz pedas,kornet pedas,keju,cokelat ataupun isi cokelat keju.Cireng modern ini terdiri dari berbagai bentuk yang lucu - lucu dan menarik"

Gambar cireng modern


Harga : Cireng Tradisional Rp.500,-/buah
Cireng Modern(isi) Rp.2.000,-/buah
Ini jajanan gue dari kecil sampai sekarang,gue paling suka cireng yang tradisional meskipun rasanya cuma asin doang tapi enak dan kenyal sekali.

KUE APE

Kue ape atau serabi Jakarta merupakan jajanan khas dari Jakarta. Bentuknya menyerupai pancake. Karena bentuknya, orang juga menyebutnya sebagai kue tetek. Kue yang biasa dijajakan di jalan atau di depan sekolah ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan susu. Saat ini dijual dengan berbagai variasi warna dan taburan di atasnya (keju atau meses).

Harga : Rp.500,-/buah

Gue suka banget nih sama kue ini,kue ape makanan favorite gue dari kecil.Dulu ( tahun 2008) harganya 250,-/buah.sekarang sudah naik jadi 500,-/buah.

CIMOL


Cimol adalah makanan ringan yang dibuat dari tepung kanji. Cimol berasal dari kata (Bahasa Sunda aci digemol), yang artinya tepung kanji dibuat bulat-bulat.
Cimol biasanya dijual di pinggir jalan. Cara membuatnya, adonan tepung kanji dibuat bulat-bulat, kemudian digoreng. Biasanya, cimol dimakan dengan bumbu-bumbu tambahan (istilahnya semacam seasoning). Kalau digigit, rasanya memang agak kenyal-kenyal. Paling enak jika dimakan hangat-hangat.
Harga : Rp.100,-/buah
Maknyusss...banget nih cimol pakai bumbu

0 komentar:

Post a Comment